Rabu, 13 Januari 2016

Mengenal Komputer Grafik

Hai sobat Pembaca selamat datang di blog saya. hari ini saya akan mengenalkan apa itu komputer grafik.

Okey ... kita mulai ya.



Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari cara-cara pembuatan dan manipulasi gambar secara digital.
sehingga dapat memudahkan komunikasi antara manusia dan komputer, atau manusia dengan manusia melalui gambar-gambar, bagan-bagan, tabel dan lain-lain. 
Teknik-teknik yang dipelajari dalam grafika komputer adalah teknik-teknik bagaimana membuat atau menciptakan gambar dengan menggunakan komputer. 
Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D, dengan teknik-teknik tertentu kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.




Peran grafika komputer dalam menghasilkan gambar sangat penting sekali untuk perkembangan berbagai software aplikasi. Banyak sekali aplikasi-aplikasi tertentu yang memanfaatkan grafika komputer, diantaranya adalah :

1.    Hiburan (Entertainment)
Saat ini grafika komputer banyak digunakan untuk menunjang pembuatan film, video musik, tayangan televisi, motion picture, animasi, dan game (permainan).


2.        Visualisasi
Visualisasi (visualization) adalah teknik-teknik dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk mengkomunikasikan suatu informasi.

3.       Computer-Aided Design (CAD)
Grafika komputer digunakan dalam proses analisis dan desain, khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering dalam bentuk aplikasi CAD (Computer-Aided Design). CAD banyak digunakan untuk mendesain bangunan, mobil, kapal, pesawat terbang, gedung, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh perangkat lunak : AutoCAD,

4.        Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE biasanya digunakan untuk memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh perangkat lunak: Rational Rose, SyBase Power Designer dan lain-lain.


5.        Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan sama seperti lingkungan nyata. Pada lingkungan ini user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam lingkungan 3-D. Dibutuhkan perangkat keras khusus untuk memberikan efek pemandangan 3-D dan membuat  user mampu beriteraksi dengan objek-objek yang berada di lingkungan tersebut. Contoh: aplikasi Virtual Reality pilot trainer yang digunakan untuk latihan mengendarai pesawat terbang. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih pilot-pilot pemula sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.


6.         Pendidikan dan Pelatihan
Komputer digunakan sebagai alat bantu pendidikan dan pelatihan, misalnya untuk membuat model-model proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya sehingga memudahkan sesorang untuk memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.

7.        Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Sebagai contoh grafika komputer digunakan untuk desktop publishing (cover buku),    advertising (logo perusahaan), desain tekstil dan lain sebagainya menggunakan perangkat lunak CorelDraw, Macromedia Freehand atau Adobe    Ilustrator.  Grafika komputer digunakan untuk pembuatan bermacam-macam gambar kartun sesuai dengan gagasan atau imajinasi seorang seniman menggunakan perangkat lunak yang berbasis paint contoh Paint, Corel Paint Shop Pro dan Adobe Photoshop.


8.        Pengolahan Citra Digital
Pengolahan citra digital adalah teknik-teknik untuk mengolah citra digital. Pengolahan yang dilakukan meliputi, peningkatan kualitas citra, perbaikan citra, segmentasi citra, pengenalan pola menggunakan fitur-fitur yang ada dalam suatu citra.


9.    Graphical User Interface (GUI)
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang berguna untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer.



Sistem Pemrograman Grafis
Pada system pemrograman grafis, user menginput data (berupa program) melalui piranti input dan menggunakan software tertentu, kemudian software memanggil graphics library untuk mendapatkan instruksi-instruksi yang cepat, selanjutnya hasil dari program ditampilkan dilayar berupa gambar sesuai dengan apa yang diprogram. 







 Didalam Komputer grafik banyak Aplikasi aplikasi pendukung yang digunakan, Seperti :

1.   IGL (Interactive Graphics Library)
Salah satu  paket grafis yang mengandung pustaka fungsi grafis yang lengkap.

2.   GKS    (Graphical Kernel System)
Rutin-rutin perangkat independen yang umum digunakan. Menggunakan pustaka UIS (User Interface System) untuk pelaksanaan ditingkat low level.

3.   HPGL (Hewlett Packard  Graphics Library)
Kumpulan Instruksi untuk berbagai fungsi output grafis untuk Plotter.

4.   ReGIS (Remote Graphics Instruction Set)
Khusus dikembangkan untuk pemrograman di terminal seri TV

5.   PHIGS      (Programmer’s Hierarchical Interactive Graphics Standard)
Sebuah perangkat untuk keperluan umum dan merupakan paket grafis yang handal untuk mendukung sebagian besar bahasa pemrograman yang umum digunakan.

6.   SG-GL      (Silicon Graphics - Graphics Library)
Berisi rutin-rutin yang cepat dan efisien yang dikembagkan oleh Silicon Graphics (misalnya OpenGL)

7.   Computer-Aided Design (CAD)
Alat grafis untuk menggambar, desain berbantukan komputer dan Manufaktur.

8.   PC-Graphics
Untuk pemrograman grafis pada lingkungan DOS dan Windows. Contohnya adalah: MVisual Basic, Visual C + + dengan GUI .






  Oke sahabat pembaca mungkin sampai disini dulu. nanti di lanjut di pos berikutnya ya.. Semoga Bermanfaat. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar