Okey ... kita mulai ya.
Grafika komputer (Computer
graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari cara-cara
pembuatan dan manipulasi gambar secara digital.
sehingga dapat memudahkan
komunikasi antara manusia dan komputer, atau manusia dengan manusia melalui
gambar-gambar, bagan-bagan, tabel dan lain-lain.
Teknik-teknik yang dipelajari
dalam grafika komputer adalah teknik-teknik bagaimana membuat atau menciptakan
gambar dengan menggunakan komputer.
Bentuk sederhana dari grafika komputer
adalah grafika
komputer 2D, dengan teknik-teknik tertentu kemudian berkembang
menjadi grafika komputer 3D.
Peran grafika komputer dalam menghasilkan gambar sangat penting sekali
untuk perkembangan berbagai software aplikasi. Banyak sekali aplikasi-aplikasi
tertentu yang memanfaatkan grafika komputer, diantaranya adalah :
1. Hiburan (Entertainment)
Saat ini grafika komputer banyak digunakan untuk menunjang pembuatan film,
video musik, tayangan televisi, motion
picture, animasi, dan game
(permainan).
2.
Visualisasi
Visualisasi (visualization) adalah teknik-teknik
dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk mengkomunikasikan suatu informasi.
3.
Computer-Aided Design (CAD)
Grafika komputer digunakan dalam proses analisis dan desain,
khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering dalam bentuk aplikasi CAD (Computer-Aided Design).
CAD banyak digunakan untuk mendesain bangunan, mobil, kapal,
pesawat terbang, gedung, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh perangkat lunak :
AutoCAD,
4.
Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE digunakan dalam bidang
sofware engineering. CASE biasanya digunakan untuk memodelkan user requirement,
pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan
sebagainya. Contoh perangkat lunak:
Rational Rose, SyBase Power Designer dan lain-lain.
5.
Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan sama seperti
lingkungan nyata. Pada lingkungan ini user dapat berinteraksi dengan
objek-objek dalam lingkungan 3-D. Dibutuhkan perangkat keras khusus untuk
memberikan efek pemandangan 3-D dan membuat user mampu beriteraksi dengan objek-objek yang
berada di lingkungan tersebut. Contoh: aplikasi Virtual Reality pilot trainer yang digunakan untuk latihan
mengendarai pesawat terbang. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa
mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih
pilot-pilot pemula sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
6.
Pendidikan dan Pelatihan
Komputer digunakan sebagai alat bantu pendidikan
dan pelatihan, misalnya
untuk membuat model-model proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi,
simulasi, dan sebagainya sehingga memudahkan sesorang untuk memahami bagaimana
operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.
7.
Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk
menghasilkan karya-karya seni. Sebagai contoh grafika komputer digunakan untuk
desktop publishing (cover buku),
advertising (logo perusahaan), desain tekstil dan lain sebagainya
menggunakan perangkat lunak CorelDraw, Macromedia Freehand atau Adobe Ilustrator.
Grafika komputer digunakan untuk pembuatan bermacam-macam gambar kartun
sesuai dengan gagasan atau imajinasi seorang seniman menggunakan perangkat
lunak yang berbasis paint contoh Paint, Corel Paint Shop Pro dan Adobe
Photoshop.
8.
Pengolahan Citra Digital
Pengolahan citra digital adalah teknik-teknik untuk mengolah citra digital.
Pengolahan yang dilakukan meliputi, peningkatan kualitas citra, perbaikan citra,
segmentasi citra, pengenalan pola menggunakan fitur-fitur yang ada dalam suatu
citra.
9. Graphical
User Interface (GUI)
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang berguna untuk mempermudah
interaksi antara manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh
komputer.
Sistem Pemrograman Grafis
Pada system pemrograman grafis, user menginput data (berupa program)
melalui piranti input dan menggunakan software tertentu, kemudian software
memanggil graphics library untuk
mendapatkan instruksi-instruksi yang cepat, selanjutnya hasil dari program
ditampilkan dilayar berupa gambar sesuai dengan apa yang diprogram.
Didalam Komputer grafik banyak Aplikasi aplikasi pendukung yang digunakan, Seperti :
1. IGL
(Interactive Graphics Library)
Salah satu paket
grafis yang mengandung pustaka fungsi grafis yang lengkap.
2. GKS
(Graphical Kernel System)
Rutin-rutin perangkat
independen yang umum digunakan. Menggunakan pustaka UIS (User Interface System) untuk pelaksanaan ditingkat low level.
3. HPGL (Hewlett
Packard Graphics Library)
Kumpulan Instruksi untuk
berbagai fungsi output grafis untuk Plotter.
4. ReGIS (Remote
Graphics Instruction Set)
Khusus dikembangkan untuk
pemrograman di terminal seri TV
5. PHIGS (Programmer’s Hierarchical Interactive
Graphics Standard)
Sebuah perangkat untuk keperluan umum dan merupakan paket
grafis yang handal untuk mendukung sebagian besar bahasa pemrograman yang umum
digunakan.
6. SG-GL (Silicon Graphics - Graphics Library)
Berisi rutin-rutin yang cepat dan efisien yang dikembagkan
oleh Silicon Graphics (misalnya OpenGL)
7. Computer-Aided Design (CAD)
Alat grafis untuk menggambar,
desain berbantukan komputer dan Manufaktur.
8. PC-Graphics
Untuk pemrograman grafis pada lingkungan DOS dan Windows. Contohnya adalah: MVisual
Basic, Visual C + + dengan GUI .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar